Madu-Hutan-Feature

Madu-Hutan-FeatureMendengar kata hutan? Pastinya sebagian dari kita akan langsung tertuju pada sebuah daerah yang dipenuhi pohon-pohon yang hijau, tinggi, dan lebat. Bahkan terdapat hewan-hewan yang saling berinteraksi satu sama lain.

Yaps betul! Hutan merupakan sebuah kawasan yang ditumbuhi oleh pepohonan dan tumbuhan yang lebat, dimana di dalamnya juga terdapat tanah, sungai, hewan, dan mikroorganisme yang menghiasi keberagaman di dalamnya.

Hutan sendiri merupakan satu kesatuan ekosistem yang terdiri dari banyak habitat saling berinteraksi dan beradaptasi dalam lingkungan hidup yang saling memengaruhi untuk keberlangsungan hidup semuanya.

Menariknya, Indonesia menjadi salah satu paru-paru dunia karena hutannya yang berhasil menduduki peringkat ketiga terluas di dunia. Hutan hujan Kalimantan dan Papua memberikan sumbangan besar terhadap luas hutan di Indonesia. Bahkan berdasarkan data dari Forest Watch Indonesia (FWI),  82 hektare luas daratan Indonesia masih ditutupi hutan.

Madu-Hutan-1

Hutan sendiri mempunyai banyak manfaat bagi makhluk hidup, mulai dari menyediakan oksigen, menyerap karbon dioksida, wadah keanakaragam hayati, mencegah erosi, membuat suhu serta kelembaban tetap stabil, menyimpan air, menanggulangi perubahan iklim, melakukan proses penguapan air ke atmosfer, dan melestarikan Plasma Nutfah.

Pada peran sebagai pelestari Plasma Nutfah, hutan ini mampu menyediakan bahan baku untuk keberlangsungan hidup bagi hewan dan manusia di masa kini hingga mendatang , mulai dari kebutuhan rumah, pakaian, obat-obatan, industri, hingga makanan.

Dengan kata lain, hutan mampu menjadi sumber untuk menghasilkan berbagai bahan yang dapat diolah menjadi minuman dan makanan untuk keberlangsungan manusia dengan kandungan gizi , zat, unsur, serta vitamin yang bermanfaat.

Madu-Hutan-2

Berbicara sumber pangan dari Hutan, saya sendiri sangat menyukai Madu karena memberikan banyak manfaat bagi saya, terutama dalam hal kesehatan. Selain dapat diminum, Madu ini pun dapat menjadi bahan olahan makanan, kue, dan masih banyak lagi.

  1. Manfaat yang dihadirkan Madu bagi tubuh manusia terdiri dari :
  2. Menguatkan sistem kekebalan tubuh
  3. Menyembuhkan luka
  4. Mencegah diabetes karena membantu mengendalikan gula darah
  5. Mencegah kanker karena mempunyai antioksidan tinggi
  6. Membantu dalam pengendalian berat badan
  7. Menghilangkan flek hitam
  8. Menangkal Infeksi
  9. Mengatasi Gangguan Tidur
  10. Sumber Energi
  11. Mengecilkan pori-pori wajah
  12. Menghilangkan komedo
  13. Menghitamkan rambut
  14. Menghaluskan wajah
  15. Mencegah penuaan dini dan membuat awet muda

Dengan manfaat yang begitu banyak ini, membuat saya mencintai Madu. Saya sendiri biasanya menggunakan Madu untuk topping tambahan pada makanan dan minuman. Terutama Madu Hutan dapat digunakan sebagai pemanis untuk menggantikan gula.

Kita ketahui bersama bahwa mengonsumsi gula berlebihan akan cepat menyebabkan terjadinya Diabetes. Untuk itulah, Madu sangat berguna untuk menghindari ketergantungan gula.

Selain itu, Madu pun mempunyai rasa yang khas sehingga dapat menghadirkan cita rasa yang menarik bagi makanan dan minuman yang disajikan. Apalagi setiap pagi saya selalu membuat teh jahe dengan menggunakan pemanis dari Madu yang mampu melegakan tenggorokan.

Madu-Hutan-3

Saya juga biasanya menambahkan Madu pada hidangan yang saya makan karena memiliki rasa yang khas. Selain itu, Madu juga memiliki banyak manfaat yang banyak sehingga membuat saya tidak ragu untuk menambahkan atau menjadi topping bagi makanan dan minuman yang saya konsumsi.

Sebenarnya tidak hanya topping, Madu juga dapat dijadikan salah satu campuran bahan untuk membuat kue cake, bolu, castella, lapis, dan masih banyak lagi. Apalagi kini Madu sudah mudah didapatkan di Indonesia, kita dapat membelinya secara online maupun offline. Saya sendiri sering membeli Madu secara online karena praktis dan langsung diantar ke rumah.

Jadi dengan kandungan, rasa, manfaat, dan kemudahan didapatkannya, membuat saya sangat menyukai Madu untuk menjadi pendamping makanan dan minuman. Dengan kata lain, Madu merupakan salah satu sumber pangan atau makanan dari hutan yang mempunyai banyak manfaat.

Untuk itulah kita harus turut menjaga hutan di Indonesia agar tetap bisa menjalankan beragam fungsinya yang bermanfaat bagi kehidupan banyak orang, terutama hutan sumber pangan. WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) selaku organisasi lingkungan hidup independen dan non-profit di Indonesia juga turut mengajak kita semua untuk selalu menjaga dan melestarikan hutan di tanah air.

Share: